PENYUSUNAN RENCANA DAN STRATEGI PEMASARAN
Proses Penyerahan Nilai
Urutan penyampaian nilai terdiri dari 3 yaitu, Pemilihan Nilai (Pemasaran
Strategis), Penyediaan Nilai dan Komunikasi Nilai (Pemasaran Taktis)
Pemilihan Nilai terdiri dari STP yaitu Segmentasi pelanggan, Fokus menentukan
target Pasar, dan Memposisikan nilai
Penyediaan Nilai terdiri dari Pengembangan produk, Pengembangan Jasa, Penetapan
Harga, Penyediaan Pasokan, dan Pelayanan distribusi
Mengkomunikasikan Nilai terdiri memanfaatkan tenaga penjualan, promosi
penjualan, dan periklanan.
Rantai Nilai adalah suatu alat untuk mengidentifikasi cara-cara menciptakan
lebih banyak nilai pelanggan
Aktivitas inti perusahaan adalah membawa bahan mentah ke dalam perusahaan
(inbound logistics), mengubah bahan mentah atau membuatnya menjadi suatu produk
jadi (operations), mengirim produk keluar perusahaan (outbound logistics),
memasarkan dan menjual produk (marketing), dan pelayanan terhadap produk
(service).
Aktivitas pendukung perusahaan adalah pengadaan bahan baku atau pasokan
(procurument), manajemen SDM (human resource management), pengembangan
teknologi (technologi development), infrastruktur perusahaan (firm
infrastructure).
Proses bisnis inti terdiri dari :
Proses
analisis pasar (intilejen pasar)
Proses
realisasi tawaran baru (penelitian, pembuatan, peluncuran produk baru)
Proses
pengakusisian pelanggan (penentuan sasaran)
Proses
customer relationship management (CRM)
Proses
manajemen secara keseluruhan
Strategi
Pemasaran adalah instrumen sentral yang digunakan untuk
mengarahakan dan mengkoordinasikan usaha pemasaran.
Tingkatan Perencanaan Pemasaran :
1. Stratejik : Keputusan target pasarProposisi nilaiAnalisis peluang pemasaran
terbaik
2.
Taktik : Fitur produk, Promosi, Persediaan Barang, Harga, Saluran penjualan,
PelayananAktivitas
Perencanaan
Perusahaan : Menetapkan misi perusahaan.Membangun stratejik bisnis unit (SBU).
Mengalokasikan sumber daya bagi tiap SBU, Menilai peluang pertumbuhan
Pertumbuhan intensif :
Penetrasi
Pasar : mencari pangsa pasar yang lebih luas dengan memaksimalkan produk yang
ada sekarang.
Pengembangan
Produk : membuat suatu produk baru yang dapat memberikan keunggulan potensial
untuk menarik pasar yang ada sekarang
Pengembangan
Pasar : dengan produk yang ada sekarang mencoba untuk menarik konsumen di pasar
yang baru
Diversifikasi
: membuat suatu produk yang baru yang ditujukan kepada pasar baru.
Isi rencana pemasaran :
Ikhtisar eksekutif : bagian ini menekankan tujuan-tujuan utama dan
rekomendasi-rekomendasi rencana pemasaran.
Analisis
situasi : Bagian ini mengandung kelemahan, kekuatan, peluang dan persaingan
bisnis.
Strategi Pemasaran
: Bagian ini mengandung target pasar anda. jelaskan bagaimana produk akan
diposisikan, didistribusikan, dan diberi harga. dan jelaskan bagaimana cara
mencapai tujuan pemasaran.
Proyeksi
finansial : Bagian ini mencakup ramalan penjualan, ramalan biaya, dan analisis
titik impas.
Pengendalian
implimentasi : pengendalian untuk memantau dan mencocokkan implimentasi
rencana.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar