Selasa, 26 November 2013

PENYUSUNAN RENCANA DAN STRATEGI PEMASARAN

PENYUSUNAN RENCANA DAN STRATEGI PEMASARAN


Proses Penyerahan Nilai



Urutan penyampaian nilai terdiri dari 3 yaitu, Pemilihan Nilai (Pemasaran Strategis), Penyediaan Nilai dan Komunikasi Nilai (Pemasaran Taktis)



Pemilihan Nilai terdiri dari STP yaitu Segmentasi pelanggan, Fokus menentukan target Pasar, dan  Memposisikan nilai



Penyediaan Nilai terdiri dari Pengembangan produk, Pengembangan Jasa, Penetapan Harga, Penyediaan Pasokan, dan Pelayanan distribusi



Mengkomunikasikan Nilai terdiri memanfaatkan tenaga penjualan, promosi penjualan, dan periklanan.



Rantai Nilai adalah suatu alat untuk mengidentifikasi cara-cara menciptakan lebih banyak nilai pelanggan



Aktivitas inti perusahaan adalah membawa bahan mentah ke dalam perusahaan (inbound logistics), mengubah bahan mentah atau membuatnya menjadi suatu produk jadi (operations), mengirim produk keluar perusahaan (outbound logistics), memasarkan dan menjual produk (marketing), dan pelayanan terhadap produk (service).



Aktivitas pendukung perusahaan adalah pengadaan bahan baku atau pasokan (procurument), manajemen SDM (human resource management), pengembangan teknologi (technologi development), infrastruktur perusahaan (firm infrastructure).



Proses bisnis inti terdiri dari : 



Proses analisis pasar (intilejen pasar)
Proses realisasi tawaran baru (penelitian, pembuatan, peluncuran produk baru)
Proses pengakusisian pelanggan (penentuan sasaran)
Proses customer relationship management (CRM)
Proses manajemen secara keseluruhan

Strategi Pemasaran adalah instrumen sentral yang digunakan untuk mengarahakan dan mengkoordinasikan usaha pemasaran.


Tingkatan Perencanaan Pemasaran :
1. Stratejik : Keputusan target pasarProposisi nilaiAnalisis peluang pemasaran terbaik

2. Taktik : Fitur produk, Promosi, Persediaan Barang, Harga, Saluran penjualan, PelayananAktivitas 
Perencanaan Perusahaan : Menetapkan misi perusahaan.Membangun stratejik bisnis unit (SBU). Mengalokasikan sumber daya bagi tiap SBU, Menilai peluang pertumbuhan Pertumbuhan intensif :
Penetrasi Pasar : mencari pangsa pasar yang lebih luas dengan memaksimalkan produk yang ada sekarang.
Pengembangan Produk : membuat suatu produk baru yang dapat memberikan keunggulan potensial untuk menarik pasar yang ada sekarang
Pengembangan Pasar : dengan produk yang ada sekarang mencoba untuk menarik konsumen di pasar yang baru
Diversifikasi : membuat suatu produk yang baru yang ditujukan kepada pasar baru.

Isi rencana pemasaran :
Ikhtisar eksekutif : bagian ini menekankan tujuan-tujuan utama dan rekomendasi-rekomendasi rencana pemasaran.

Analisis situasi : Bagian ini mengandung kelemahan, kekuatan, peluang dan persaingan bisnis.
Strategi Pemasaran : Bagian ini mengandung target pasar anda. jelaskan bagaimana produk akan diposisikan, didistribusikan, dan diberi harga. dan jelaskan bagaimana cara mencapai tujuan pemasaran.
Proyeksi finansial : Bagian ini mencakup ramalan penjualan, ramalan biaya, dan analisis titik impas.
Pengendalian implimentasi : pengendalian untuk memantau dan mencocokkan implimentasi rencana.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar