BAB 3
MENGUMPULKAN INFORMASI DAN MENCARI PELUAN DI LINGKUNGAN PEMASARAN
Sistem Informasi Pemasaran (SIP) adalah suatu sistem berbasis komputer
yang bekerja sama dengan sistem informasi fungsional lain untuk mendukung
manajemen perusahaan dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan
pemasaran produk.
Sitem informasi pemasaran mempunyai 3 komponen yaitu :
Sistem
pencatatan internal : meliputi informasi silkus pesanan ke pembayaran dan
sistem pelaporan penjualan
Sistem intilejen
pemasaran : serangkaian prosedur dan sumber yang digunakan oleh para manager
untuk memperoleh informasi harian tentang perkembangan lingkungan
pemasaran
Sistem
riset pemasaran : perancangan, pengumpulan, analisis, dan pelaporan data dan
temuan secara sistematis, yang relevan dengan situasi pemasaran tertentu yang
dihadapi oleh perusahaan.
3 arus
informasi :
- Internal => dikumpulkan di dalam perusahaan
- Intelejen => mengalir dari lingkungan ke perusahaan
- Komunikasi => mengalir ke luar dari perusahaan ke lingkungan
Lingkungan Pemasaran yang berpengaruh :
Lingkungan Demografi
: para poemasar harus mengamati pertumbuhan populasi dunia, perubahan bauran
usia, dan tingkat pendidikan, pergeseran besar geografis populasi, peralihan ke
pemasaran mikro serta menghindari pemasaran massal
Dalam
area Ekonomi : para pemasar perlu memperhatikan pada distribusi penghasilan dan
level tabungan, utang, serta ketersediaan kredit.
Dalam
Lingkungan Sosial-Budaya : para pemasar harus memahami pandangan seseorang
terhadap diri sendiri, sesama, organisasi, masyarakat, dan alam sekitar. Mereka
juga harus memasarkan produk yang berkaitan dengan nilai dasar dan nilai
sekunder masyarakat, dan mereka harus memikirkan dan mencari solusi atas
kebutuhan subkultur yang berbeda-beda di dalam masyarakat.
Dalam
lingkungan alam : para pemasar harus mengamati kekurangan bahan baku,
peningkatan biaya energi dan tingkat polusi.
Dalam lingkungan
Teknologi : para pemasar harus memperhatikan percepatan perubahan teknologi,
peluang inovasi, dan perubahan peraturan-peraturan pemerintah akibat perbubahan
teknologi.
Dalam
lingkungan Politik dan Hukum : para pemasar harus tunduk pada
perundang-undangan yang mengatur praktik bisnis dan beragam kelompok yang
mempunyai kepentingan khusus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar