Selasa, 26 November 2013

MENGUMPULKAN INFORMASI DAN MENCARI PELUAN DI LINGKUNGAN PEMASARAN

BAB 3 MENGUMPULKAN INFORMASI DAN MENCARI PELUAN DI LINGKUNGAN PEMASARAN

Sistem Informasi Pemasaran (SIP) adalah suatu sistem berbasis komputer yang bekerja sama dengan sistem informasi fungsional lain untuk mendukung manajemen perusahaan dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan pemasaran produk.

Sitem informasi pemasaran mempunyai 3 komponen yaitu :

Sistem pencatatan internal : meliputi informasi silkus pesanan ke pembayaran dan sistem pelaporan penjualan
Sistem intilejen pemasaran : serangkaian prosedur dan sumber yang digunakan oleh para manager untuk memperoleh informasi harian tentang perkembangan lingkungan pemasaran 
Sistem riset pemasaran : perancangan, pengumpulan, analisis, dan pelaporan data dan temuan secara sistematis, yang relevan dengan situasi pemasaran tertentu yang dihadapi oleh perusahaan.

3 arus informasi  :
- Internal => dikumpulkan di dalam perusahaan
- Intelejen => mengalir dari lingkungan ke  perusahaan
- Komunikasi => mengalir ke luar dari perusahaan ke lingkungan

Lingkungan Pemasaran yang berpengaruh :


Lingkungan Demografi : para poemasar harus mengamati pertumbuhan populasi dunia, perubahan bauran usia, dan tingkat pendidikan, pergeseran besar geografis populasi, peralihan ke pemasaran mikro serta menghindari pemasaran massal
Dalam area Ekonomi : para pemasar perlu memperhatikan pada distribusi penghasilan dan level tabungan, utang, serta ketersediaan kredit.
Dalam Lingkungan Sosial-Budaya : para pemasar harus memahami pandangan seseorang terhadap diri sendiri, sesama, organisasi, masyarakat, dan alam sekitar. Mereka juga harus memasarkan produk yang berkaitan dengan nilai dasar dan nilai sekunder masyarakat, dan mereka harus memikirkan dan mencari solusi atas kebutuhan subkultur yang berbeda-beda di dalam masyarakat.
Dalam lingkungan alam : para pemasar harus mengamati kekurangan bahan baku, peningkatan biaya energi dan tingkat polusi.
Dalam lingkungan Teknologi : para pemasar harus memperhatikan percepatan perubahan teknologi, peluang inovasi, dan perubahan peraturan-peraturan pemerintah akibat perbubahan teknologi.
Dalam lingkungan Politik dan Hukum : para pemasar harus tunduk pada perundang-undangan yang mengatur praktik bisnis dan beragam kelompok yang mempunyai kepentingan khusus.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar