BAB 5
MENCIPTAKAN NILAI, KEPUASAN, DAN KESETIAAN PELANGGAN
Nilai Pelanggan Total adalah
nilai moneter yang dipikirkan atas sekumpulan manfaat ekonomis,
fungsionalis,
dan psikologis, yang diharapkan oleh pelanggan atas tawaran pasar
tertentu.
Biaya Pelanggan Total adalah sekumpulan biaya yang harus dikeluarkan
pelanggan untuk mengevaluasi, mendapatkan, menggunakan suatu produk atau
jasa termasuk biaya moneter, waktu, energim dan psikis.
Penentu Nilai yang Diberikan Pelanggan
Penerapan Konsep Nilai dalam teori pengambilan keputusan pembelian :
Perusahaan
dapat meningkatkan nilai pelanggan total dengan memperbaiki manfaat-manfaat
produk, layanan, karyawan, dan/citranya.
Perusahaan
dapat menurunkan biaya non-moneter pembeli dengan menurunkan biaya waktu,
tenaga, dan pikiran pembeli.
Perusahaan
dapat menurunkan biaya moneter produk yang harus ditanggung oleh pembeli.
Loyalitas
atau Kesetiaan adalah komitmen yang dipegang kuat untuk membeli atau
berlangganan lagi suatu produk atau jasa tertentu di masa depan meskipun ada
pengaruh situasi dan usaha pemasaran yang berpotensi menyebabkan
terjadinya peralihan perilaku
Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa terhadap suatu produk setelah
membandingkan kinerja/hasil produk dengan kinerja/harapan yang dipikirkan oleh
pelanggan. Apabila kinerja sesuai dengan harapan maka
Puas, apabila tidak sesuai dengan harapan maka kecewa, dan apabila kinerja
produk melebihi harapan makan sangat puas.
Metode dalam mengukur kepuasan pelanggan :
Survey
berkala dapat menelusuri kepuasan pelanggan secara langsung.
Memantau angka
kehilangan pelanggan dan mengontak pelanggan yang telah berhenti membeli atau
yang sudah beralih ke pemasok lain untuk mempelajari mengapa bisa terjadi.
Mempekerjakan
pembelanja siluman sebagai pembelanja potensial dan melaporkan tentang hal-hal
kuat dan lemah yang dialami dalam membali produk perusahaan dan produk pesaing.
Para menejer
dapat memasuki situasi penjualan perusahaan dan pesaing dimana mereka tak
dikenal dan mengalami langsung perlakuan yang mereka terimaMenelepon perusahaan
mereka sendiri dengan pertanyaan-pertanyaan dan keluhan untuk melihat
bagaimana hal tersebut ditanggani.
Kualitas/Mutu
adalah keseluruhan fitur dan sifat produk atau pelayanan yang berpengaruh
pada kemampuaanya untuk memuaskan kebutuhan yang dinyatakan atau yang tersirat.
5 Langkah yang ditempuh Perusahaan dalam mengurangi Peralihan Pelanggan :
Perusahaan
harus menentukan dan mengukur tingkat retensi.
Perusahaan
harus membedakan penyebab erosi pelanggan dan mengidentifikasi mereka yang
dapat dikelola dengan baik.
Perusahaan
perlu mengestimasi berapa banyak laba yang hilang ketika kehilangan pelanggan
Perusahaan
perlu menggambarkan berapa banyak biaya untuk mengurangi angka pengalihan
pelangganMendengarkan
Pelanggan
dengan menciptakan suatu feedback.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar